Tuesday, July 26, 2016

Terinspirasi Pokemon Go, perusahaan Korsel siapkan Pororo Go

IBOQQNEWS.com – Kesuksesan selalu memunculkan pengikut, tak terkecuali pada permainan mobile Pokemon Go yang tengah menikmati popularitas. Perusahaan rintisan dari Korea Selatan SocialNetwork Co. pekan lalu mengumumkan tengah mengembangkan permainan berbasis teknologi realitas tertambah (augmented reality/AR) yang terinspirasi oleh permainan asal Jepang itu.


Bedanya, SocialNetwork menggunakan Pororo Si Pinguin Kecil –tokoh kartun anak-anak dari Korsel yang sangat populer– sebagai tokoh utama. Selain itu, seperti dikutip Korea Herald, Pororo Go bakal ditujukan untuk pasar anak-anak.


Menurut Mashable, SocialNetwork telah mendapat lampu hijau dari Iconix Entertainment, produser serial Pororo.


“Kalau Pokemon Go adalah permainan AR yang ditujukan untuk menghibur orang dewasa, Pororo Go akan menjadi permainan AR bernuansa pendidikan untuk menghibur anak-anak,” kata CEO SocialNetwork Co., Park Soo-wang.


Seperti dipaparkan Business Korea, SocialNetwork didirikan pada 2009 dan, juga bekerjasama dengan Iconix, mencapai popularitas di Korsel melalui aplikasi AR edukasional bernama Sketchpop, yang melibatkan tokoh-tokoh animasi populer di negara tersebut seperti Pororo, Larva, Tayo, dan Robocar Poli.


Mereka juga populer di Tiongkok melalui Xiyangyang Sketch Pop yang memiliki 1,5 juta pengguna.


Hingga saat ini belum ada detail mengenai Pororo Go, namun, bila cara bermainnya sama dengan Pokemon Go, banyak yang mengkhawatirkan keamanan permainan tersebut untuk anak-anak.


Saat ini beberapa negara sudah melarang warganya untuk bermain Pokemon Go karena beberapa peristiwa kecelakaan yang terjadi akibat permainan tersebut. Bahkan beberapa instansi pemerintah Indonesia telah melarang pegawainya bermain Pokemon Go.


SocialNetwork dan Iconix menjamin keamanan Pororo Go.


“Karena permainan ini diciptakan untuk anak-anak di bawah usia sekolah dasar, kami akan waspada terhadap potensi bahaya dan efek samping yang mungkin diakibatkan oleh permainan itu,” kata direktur eksekutif Iconix Entertainment, Choi Joong-gu.


Mereka juga tengah mengkaji rencana untuk meluncurkan versi dewasa dari Pororo Go kelak.


Pororo Go diperkirakan bakal diluncurkan sebelum akhir tahun 2016.




Terinspirasi Pokemon Go, perusahaan Korsel siapkan Pororo Go

0 comments:

Post a Comment