Saturday, July 16, 2016

Cara komunikasi kambing dan anjing serupa

IBOQQNEWS.com – Kambing bukanlah hewan penurut dan tidak mudah diarahkan. Tapi berdasarkan penelitian terbaru ditemukan fakta bahwa tingkat kepintaran kambing setara anjing. Kambing secara khusus mampu membangun ikatan emosional dengan manusia dan hewan peliharaan lain.


Dilansir Science Magazine pekan lalu (5/7/2016), para peneliti dari Queen Mary University of London berhasil membuktikan dalam jurnal Biology Letters bahwa kambing akan melakukan kontak mata dan memberikan sorotan memohon ke manusia di sekitarnya ketika butuh bantuan.


Para peneliti menggunakan 34 ekor kambing untuk melewati tantangan “yang tak dapat dipecahkan,” atau dengan menggunakan makanan di dalam satu wadah. Tempat makanan berbentuk kotak tersebut ditempatkan di dalam kandang berisi kambing dan seorang pengamat yang duduk dalam dua posisi; menghadapi kambing atau menghadapi tembok.


Saat si pengamat menghadapi tembok, kambing hanya akan melihat kotak makanan tersebut. Sedangkan jika pengamat menghadapi kambing, sang hewan membuat kontak mata sekitar dua sampai tiga detik sebelum kembali mendekati kotak. Sejauh ini perilaku yang sama hanya ditunjukkan oleh anjing, kucing, dan kuda.


“Kambing melakukan kontak mata ke manusia dengan cara yang sama seperti perilaku anjing ketika meminta bantuan untuk mengambil makanan yang tidak dapat mereka gapai,” ujar Christian Nawroth, salah seorang peneliti yang terlibat.


Tim peneliti juga mendemonstrasikan bahwa kambing dapat mencari jalan untuk membuka sebuah kotak tertutup dengan menggunakan tuas. Cara serupa juga diberikan ke kelompok hewan kera. Bahkan mereka dapat mengingat cara membuka tersebut empat tahun kemudian tanpa perlu diingatkan kembali.


Saat diberikan kotak yang memang tidak bisa dibuka, sang kambing mendekati pemiliknya dan bertingkah seolah meminta bantuan agar bisa mendapatkan makanan yang ada di dalam.



Nawroth menambahkan bahwa fakta temuan ini menjadi bukti komunikasi kompleks dari spesies hewan di dunia agrikultur kepada manusia. Kambing merupakan hewan ternak pertama yang dipelihara manusia mulai 10.000 tahun lalu.


Di dunia terdapat miliaran ekor kambing, tapi jangan samakan kepintaran kambing dengan domba. Dr Alan McElligott dari Department of Biological and Experimental Psychology di Queen Mary University of London mengatakan bahwa kambing tidak sebodoh domba.


“Kebanyakan orang menyamakan kedua jenis hewan tersebut, tapi sebenarnya mereka sangat berbeda. Orang yang pernah mengurusi keduanya akan tahu,” ujarnya dikutip The Telegraph (6/7).


Penelitian sebelumnya berhasil membuktikan bahwa kambing lebih pintar dibanding domba dan kepintarannya setingkat anjing. Hanya saja percobaan kali ini memperkuat kepintaran kambing dalam berkomunikasi dengan manusia meskipun mereka bukan kelompok hewan peliharaan atau digunakan untuk membantu pekerjaan manusia.




Cara komunikasi kambing dan anjing serupa

0 comments:

Post a Comment