Tuesday, July 19, 2016

Anterin siap bersaing dengan Go-Jek dan JNE melalui sistem lelang

IBOQQNEWS.com – Peningkatan bisnis daring, berefek juga pada kenaikan permintaan pengantaran barang. Saat ini di Indonesia terdapat beberapa layanan yang dapat memenuhi permintaan tersebut, seperti Tiki dan JNE.


Sementara Go-Jek dan Grab, selain melayani permintaan transportasi, juga memfasilitasi layanan pengantaran barang pada hari yang sama (same day) dengan jarak terbatas.


Ranah bisnis itu sekarang diramaikan PT Anterin Digital Nusantara. Mereka meluncurkan layanan aplikasi mobile Anterin yang berisi layanan B2B dan B2C logistik, pergudangan, dan transportasi dalam satu aplikasi.


Pada umumnya, perusahaan kurir dan logistik saat ini menerapkan biaya berdasarkan pada jarak kota dan ukuran volume barang. Hal ini biasanya memberatkan konsumen jika ingin mengirimkan barang dengan jumlah besar dan banyak.


Anterin mencoba hadir dengan keunikan tersendiri. Menurut siaran pers yang diterima Beritagar.id, Sabtu (16/7/2016), Anterin menerapkan biaya berbasis auction (lelang) yang ditawarkan oleh mitra/penyedia logistik Anterin.


Biaya didasari ongkos per perjalanan, jenis kendaraan yang dipesan, dan kota tujuan pengirim. Konsumen bisa menentukan sendiri mitra/penyedia logistik mana yang sesuai dengan kocek dan kebutuhan.


Ilustrasi penetapan biaya layanan Anterin


Sebagai contoh, seseorang memesan layanan transportasi mobil. Dia membutuhkan kendaraan yang cukup nyaman ditumpangi beberapa orang dan bagasi.


Namun lazimnya saat ini ia sering mendapatkan mobil yang hanya menampung sedikit penumpang dan tiada tempat untuk bagasi. Dia tidak dapat memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan karena metode yang ada saat ini ditentukan sistem.


Mitra terdekatlah yang akan mendapatkan pesanan, apapun kondisi kendaraan serta pengemudinya. Mitra pengemudipun hanya dapat menerima tarif yang ditentukan oleh sistem. Andai dia menggunakan motor sport, tarif akan ditentukan per km –sama dengan pemilik jenis motor kebanyakan.


Dengan mekanisme lelang diharapkan mitra pengemudi akan berlomba-lomba memberikan pelayanan dan harga terbaik sesuai harga pasar.


Saat ini aplikasi Anterin sudah diluncurkan dalam versi Alpha, tapi masih terbatas untuk pengguna Android saja.





Anterin siap bersaing dengan Go-Jek dan JNE melalui sistem lelang

0 comments:

Post a Comment