Friday, July 29, 2016

Mi Notebook Air, upaya Xiaomi saingi MacBook Air

IBOQQNEWS.com – Kabar burung seputar laptop berbodi tipis milik Xiaomi yang sudah santer dari tahun lalu akhirnya terjawab sudah. Perusahaan teknologi yang berlokasi di Tiongkok ini mulai bermain di lini laptop dan merilis sebuah laptop pertama mereka dengan nama Mi Notebook Air. Demikian dilansir dari siaran pers yang diterima Beritagar.id, Rabu (27/7/2016).


Tak tanggung-tanggung, Xiaomi membuat laptop perdana ini untuk langsung bersaing dengan salah satu gawai andalan Apple, MacBook Air. CNNbahkan menyatakan “komputer baru ini sangat mirip dengan MacBook Air dari Apple. Ia bahkan disebut Mi Notebook Air.”


Ada dua model laptop yang diperkenalkan Xiaomi, yaitu versi tercanggih berukuran 13,3 inci dan versi portabel dengan layar 12,5 inci. Meskipun berbeda ukuran, layar kedua laptop tersebut sudah dilindungi lapisan kaca 7H hard glass.


Notebook Air 13,3 inci adalah laptop yang disiapkan Xiaomi untuk menandingi MacBook Air dan merekapun tak malu-malu melakukannya. Xiaomi merilis foto yang menunjukkan bahwa laptop produksinya itu lebih tipis ketimbang produk Apple tersebut. Mi Notebook Air memiliki ketebalan 14,8mm sementara sang pesaing 13 persen lebih tebal dengan 17mm.


Perbandingan ketebalan MacBook Air dengan Mi Notebook Air http://iboqq.com

Perbandingan ketebalan MacBook Air dengan Mi Notebook Air


Dengan desain super ramping serta spesifikasi yang memadai, Xiaomi tampaknya ingin memberikan pilihan produk yang bisa menandingi MacBook Air namun dengan harga yang lebih murah.


Mi Notebook Air 13,3 inci sudah dilengkapi dengan prosesor intel Core i5 berkecepatan 2,7 GHz dan RAM 8GB DDR4. Ia juga didukung kartu grafis NVIDIA GeForce 940MX dengan RAM 1GB GDDR5.


Untuk sarana penyimpanan file, laptop flagship perdana Xiaomi ini menggunakan memori PCIe SSD sebesar 256GB. Jika pengguna membutuhkan ruang data yang lebih luas tersedia slot SATA dengan kapasitas maksimal 256GB.


Layar yang digunakan sudah FullHD 1080p dengan kontras rasio 800:1 yang cukup nyaman untuk digunakan bermain game.


Xiaomi juga melengkapinya dengan USB Type-C untuk pengecasan dan display output, dua buah USB 3.0, sebuah konektor HDMI, dan lubang headset 3,5mm. Fitur lainnya adalah pengeras suara ganda AKG dengan Dolby Digital Surround Sound.


Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Notebook Air 13,3 inci memiliki ketebalan 14,8mm dengan berat bersih 1,28kg.


Laptop ini menggunakan baterai 40Wh yang diklaim bisa bertahan 9,5 jam ditambah fitur pengisi daya cepat yang bisa mengecas baterai hingga 50 persen dalam waktu 30 menit.


Di atas kertas, spesifikasi seperti itu cukup untuk menyaingi MacBook Air. Tetapi kita takkan tahu sebelum mencobanya.


Slot SSD Mi Notebook Air http://iboqq.com


Sementara itu Mi Notebook 12,5 inci merupakan laptop portabel dengan layar Full HD beresolusi 1920×1080 piksel, berbahan metal, dengan ketebalan 12,9mm dan bobot 1,07kg.


Laptop ramping ini ditenagai oleh prosesor Intel Core M3 dan RAM 4GB serta menggunakan penyimpanan internal SSD SATA berkapasitas 128GB.


Menariknya, laptop ini dilengkapi slot SSD tambahan sehingga pengguna bisa memperluas kapasitas memori. Untuk urusan konektivitasnya, diberikan dukungan lubang USB 3.0, lubang headset 3,5mm, dan lubang USB Type-C.


Kelebihan versi 12,5 inci ini dibandingkan sang kakak adalah baterai yang digunakannya bisa bertahan hingga 11,5 jam untuk sekali pengisian. Fitur lain dari Mi Notebook Air ini adalah tersedianya speaker ganda AKG yang sudah dikustomisasi dan mendukung Dolby digital surround sound.


Kartu grafis terdedikasi NVIDIA GeForce 940MX http://iboqq.com


Sekarang soal harga. Xiaomi membanderol dua model laptopnya itu dengan harga di bawah Rp10juta.


Untuk model 12,5 inci, Xiaomi memasang harga USD525 (Rp6,8 juta), sedangkan untuk model 13,3 inci dibanderol USD750 (Rp9,8 juta).


Menurut Engadget, kedua laptop ini akan diluncurkan secara resmi pada 2 Agustus di Tiongkok.







Mi Notebook Air, upaya Xiaomi saingi MacBook Air

0 comments:

Post a Comment