Saturday, July 30, 2016

Playstation VR siap dinikmati gamers Indonesia

IBOQQNEWS.com – Setelah pertama kali diumumkan pada acara Game Developer Conference 2014, Sony Interactive Entertainment Hong Kong Ltd memastikan bahwa gawai Playstation VR (PS VR) akan resmi masuk ke Indonesia mulai 13 Oktober 2016 dengan harga jual mulai dari Rp6,69 juta.


Produk gaming masa depan tersebut merupakan sebuah sistem virtual reality yang membawa pembaruan teknologi konsol PS4 ke tingkat yang lebih tinggi.


“Semenjak kami mengumumkan PS VR, kami mendapatkan tanggapan yang luar biasa dari para penggemar game dan pengembang. Saya juga sangat senang untuk mengumumkan PS VR akan hadir bersamaan dengan regional Jepang, Amerika Utara, dan Eropa untuk mendemonstrasikan kepedulian kami kepada para gamers di Asia,” ujar Hiroyuki Oda, Deputi Presiden Sony Interactive Entertainment Jepang dalam rilis pers.


Sony menjelaskan sudah ada lebih dari 60 judul permainan PS VR akan segera tersedia di Asia, di antaranya Final Fantasy VR dan Resident Evil 7 Biohazard VR.


Dilansir dari CNN Indonesia (28/7), PlayStation VR merupakan gawai headset yang dilengkapi layar berteknologi OLED. Layar tersebut memiliki bentang 5,7 inci beresolusi 1920xRGBx1080 (960xRGBx1080 per eye).


Sony mengklaim pengalaman yang disuguhkan gawai headset PS VR setara dengan menonton tayangan di layar berukuran hingga 226 inci. Sony memberi pilihan mode ukuran layar dari 117 inci, 163 inci, dan tertinggi 226 inci.


Jika pengguna memilih pengalaman setara layar 226 inci, pengguna harus menggerakan kepala untuk melihat ujung layar. Sementara untuk 117 inci dijadikan Sony sebagai pilihan paling santai, karena pengguna tinggal duduk tegak dan melihat secara lurus seperti menonton layar bioskop.


Sony mengumumkan masa pemesanan PS VR sudah dimulai dari 30 Juli, dan dapat dilakukan di beberapa gerai Sony Center dan Playstation Authorised Dealer.


Sony juga menawarkan paket PS VR dan PS Camera dengan prediksi harga Rp7,39 juta.


Perlu diingat, selain memiliki mesin PlayStation 4, Anda juga membutuhkan PlayStation Camera untuk bisa menggunakan teknologi PlayStation VR. Jadi, pastikan Anda memiliki PlayStation Camera atau membeli paket yang ditawarkan Sony itu.


Satu paket PS VR

Satu paket PS VR

Dibutuhkan area yang luas


Kebutuhan luas area untuk dapat menikmati PS VR

Kebutuhan luas area untuk dapat menikmati PS VR

Satu hal lagi yang harus diperhatikan calon pengguna yang ingin menikmati teknologi realitas virtual ini adalah bermain di area yang cukup luas.


Dilansir dari Ars Technica(30/7), Sony menyarankan agar pengguna PS VR berada di pusat area yang berukuran minimal 3×1,9 meter, ditambah zona mati sekitar 0,6 meter di depan PS Camera. Hal itu dikarenakan PS VR harus bekerja sama dengan antarmuka dari PS Camera guna mendeteksi gerakan kepala pengguna.


Oleh karena itu, bagi Anda yang tinggal di rumah, apartemen, atau tempat kos yang berukuran kecil, sebaiknya pertimbangkan baik-baik sebelum membeli PS VR.


Sebagai perbandingan, Oculus Rift, salah satu pesaing PS VR, tidak memiliki aturan kebutuhan ukuran ruang tertentu untuk menggunakannya dengan nyaman. Oculus Rift hanya merekomendasikan agar gawai tersebut digunakan pada sebuah meja komputer dengan sensor yang ditempatkan pada posisi di mana pengguna biasa meletakkan webcam. Hal ini karena Oculus Rift tidak melacak gerakan tangan, atau controller.




Playstation VR siap dinikmati gamers Indonesia

0 comments:

Post a Comment