Tuesday, July 26, 2016

Memetakan posisi Pokemon lewat Qlue

IBOQQNEWS.com – Mengikuti euforia, aplikasi Qlue kini disisipkan fungsi pengaduan lokasi keberadaan Pokemon Go atau Pokemap. Tujuannya adalah memudahkan para Pokemon Trainers (pencari Pokemon) untuk menangkap dan mengumpulkan koleksi.


Caranya adalah dengan memberikan informasi valid keberadaan Pokemon di sekitarnya. Dengan begini, pencarian Pokemon kategori langka diharapkan semakin mudah.


Meskipun Qlue hanya berlaku di Jakarta, namun Marketing Communication Manager Elita Yunanda mengatakan bahwa Pokemap berlaku di seluruh Indonesia.


Elita menjelaskan, para pencari Pokemon tinggal menandai lokasi itu di Qlue melalui Pokemap ketika menemukan Pokemon. Pokemap ini terhubung dengan aplikasi Qlue sehingga segala bentuk laporan dan penandaannya harus melalui aplikasi agar bisa langsung muncul di situs peta Pokemap.


Latar belakang Qlue meluncurkan situs ini bermula dari kompetisi berhadiah yang diadakan Qlue sebelumnya, #PokemonQlue.


“Kemudian, kami berpikir untuk membuat sebuah inovasi baru dengan memberikan informasi keberadaan letak Pokemon melalui sistem crowdsourcing dan pemetaan dengan objek laporannya adalah monster dari Pokemon, sehingga kami beri nama Pokemap,” ujar Elita dalam rilis pers yang diterima Beritagar.id (Senin 25/7/2016).


Elita mengatakan, fitur Pokemap murni merupakan inisiatif Qlue untuk membuat perubahan positif dengan cara yang menyenangkan dan mengajak pengguna untuk aktif melapor ke pemerintah.


“Pada saat yang sama, kami mengajak user untuk menandai keberadaan Pokemon berdasarkan jenisnya mulai dari yang common (umum) hingga rare (langka) di dalam lingkup area tersebut,” ujarnya.


Berikut cara untuk ikut serta menandai Pokemon melalui Qlue.


Tahap 1


Pilih tombol “+” di bagian bawah aplikasi dan pilih “Lapor ke Pemerintah.” Pastikan Anda berada di lokasi Pokemon yang ingin Anda tandai pada Pokemap.


Tahap 2


Foto permasalahan kota seperti sampah, jalan rusak, PKL liar, pelanggaran, dan lain-lain. Kemudian, pilih label kategori laporan sesuai dengan topik.


Tahap 3


Tulis judul dan deskripsi sertakan juga tagar #PokemonQlue #nama Pokemon kemudian kirim via Qlue.


Tangkapan layar pemetaan Pokemon di Pokemap Qlue http://iboqq.com


Kompetisi berhadiah


Kompetisi Qlue yang memanfaatkan euforia Pokemon Go menghadirkan berbagai hadiah selama para pemburu monster Pokemon mau melapor kondisi fasilitas umum atau layanan publik di Jakarta. Caranya cukup mengambil foto yang menampilkan keberadaan monster Pokemon.


Kemudian simpan foto dan unggah ke pilihan “Lapor ke Pemerintah” atau “Lapor ke Swasta” dengan menyertakan tagar #PokemonQlue. Pengguna dengan jumlah total like atau support tertinggi dari laporan tersebut berhak mendapatkan hadiah.


Hadiah yang dapat diraih untuk peringkat 1-4 adalah kamera aksi Go Pro Hero 4, Hoverboard , ponsel Xiaomi, dan satu buah jam tangan pintar. Untuk mendapatkannya, jumlah like atau support minimal yang harus dikantongi adalah 150 like atau support.


Sementara bagi peserta yang menduduki peringkat kelima hingga ke-30 akan mendapatkan hadiah hiburan berupa beragam avatar eksklusif serta kaos. Kompetisi ini akan berlangsung hingga 15 Agustus 2016.





Memetakan posisi Pokemon lewat Qlue

0 comments:

Post a Comment