Thursday, July 14, 2016

Aplikasi chatting khusus pemain Pokemon Go

IBOQQNEWS.com – Pokemon Go menjadi fenomena baru di dunia karena karakter di dalamnya sudah memiliki penggemar setia. Selain itu sistem permainan yang disajikan juga inovatif dengan memanfaatkan teknologi realitas tambahan (AR).


Pada dasarnya Pokemon Go merupakan permainan daring yang membutuhkan koneksi internet selama bermain. Tapi ada satu hal yang belum terpenuhi di game tersebut.


Pemain membutuhkan fitur yang bisa menjalin interaksi lebih personal dengan pemain lain seperti layanan pesan (chatting). Itu sebabnya seorang pengembang independen berbasis di San Diego, Amerika Serikat, Jonathan Zarra, membuat sebuah aplikasi terpisah tersebut.


Pria berumur 28 tahun tersebut memiliki keistimewaan untuk mengakses Pokemon Go terlebih dahulu sebelum dilempar ke publik. Lantaran tidak melihat ada fitur yang menjembatani komunikasi para pemain, Zarra membuat GoChat yang tersedia untuk Android dan iOS.


Dilansir The Verge, Senin (11/7/2016), aplikasi terpisah ini menyediakan akses bagi pengguna untuk mengirim pesan kepada pemain lain di berbagai lokasi di peta Pokemon Go (Pokestop). Setiap lokasi Pokestop akan menjadi ruang percakapan terpisah sehingga pemain dapat berkomunikasi dengan pemain lain yang berada di sekitar.


Aplikasi ini langsung sukses. Lima hari setelah diluncurkan, dia diunduh hingga 1 juta dan mendapatkan traffic 600 permintaan unduh setiap detik.


Dalam unggahan di Reddit, Zarra mengatakan pada hari pertama peredaran GoChat berhasil diunduh 10.000 kali. Sebagai informasi, aplikasi GoChat terbit satu hari sebelum Pokemon Go dirilis atau pada 4 Juli 2016.


Tangkapan layar aplikasi GoChat http://indogadget.web.id


Namun melesatnya jumlah unduhan bukan berarti memperkaya Zarra secara finansial, tapi sebaliknya. Zarra tidak menyukai iklan sehingga ia meniadakan iklan di aplikasi buatannya tersebut.


Satu hal lain, dia tak mau digugat pembuat Pokemon Go karena mencari uang dari karya orang lain. Sayangnya Zarra enggan mengungkap modal dan kerugiannya. Namun saat ini ia sedang mencari jalan keluar bersama para investor.


Sebagai gambaran, seorang kontraktor Upwork yang ikut membangun aplikasi iOS Pokemon Go mengatakan butuh biaya sekitar USD4.000 (Rp52,6 juta) agar server dapat memberikan layanan yang baik ke para pengguna.


Adapun aplikasi GoChat saat ini tidak mendapat nilai bagus di AppStore. Sejumlah pengguna mengeluhkan kualitas aplikasi dan layanan kurang stabil.





Aplikasi chatting khusus pemain Pokemon Go

0 comments:

Post a Comment