Monday, July 11, 2016

Pengguna Windows Phone cemburu tak kebagian Pokemon Go

Pengguna Windows Phone cemburu tak kebagian Pokemon Go


IBOQQNEWS.com – Game Pokemon Go menjadi sensasi baru di dunia meski baru beberapa hari diluncurkan di beberapa negara terbatas seperti Australia, Selandia Baru, Jepang, dan Amerika Serikat. Game ini juga hanya menghinggapi pengguna gawai sistem operasi iOS dan Android.


Hal ini tentu membuat cemburu pengguna gawai sistem operasi lain, Windows Phone salah satunya. Mereka mengajukan petisi lewat situs Change.org untuk Microsoft dan Nintendo agar mau membawa Pokemon Go ke platform Windows Phone dan Windows 10 Mobile.


Hingga tulisan ini dibuat, Selasa (12/7/2016), petisi tersebut sudah berhasil mengumpulkan sekitar 34 ribu pendukung dari target 35 ribu. Tapi ini bukan petisi baru, melainkan sudah diluncurkan 10 bulan yang lalu meski baru menghangat dan mendapat perhatian besar sejak kemunculan Pokemon Go.


Mayoritas pendukung petisi menyatakan bahwa Pokemon sudah menjadi bagian hidupnya. Ponsel pintar pilihan mereka seharusnya tidak menjadi penghalang untuk memainkan game waralaba populer di dunia tersebut. Mereka juga beranggapan bahwa platform Windows Phone merupakan platform yang paling produktif dan cepat berkembang.


Jika dilihat lebih dalam, ada beberapa alasan yang memberatkan Pokemon Go untuk hadir di Windows Phone. Salah satunya adalah ketergantungan sistem pada layanan Google Maps seperti yang disampaikan oleh salah satu pengguna Reddit.


Google tidak berminat mengembangkan layanannya di platform Windows Phone tersebut. Indikasinya bisa dilihat dengan jelas pada penghapusan aplikasi resmi Youtube.


Namun dilansir Tech Insider (9/7), CEO perusahaan pengembang game tersebut Niantic mengatakan sedang mencari solusi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi Holo Lens milik Microsoft.


“Interaksi antara dunia virtual dan dunia nyata merupakan inti Pokemon Go. Faktor inilah yang mendorong para pemain untuk berinteraksi dengan pemain lain,” ujar John Hanke.


Tapi hal ini bukan berarti mereka menjanjikan Pokemon Go hadir di Windows Phone. Lagi pula jika telah terimplementasi, maka hanya sebagian orang saja yang dapat menikmatinya lantaran HoloLens membutuhkan biaya sekitar USD3.500 atau sekitar Rp45 juta.


Perilisan internasional ditunda


Sebuah game baru memang lumrah mengalami kendala. Hal ini karena antusias para penggemar yang mengakses game tersebut secara bersamaan. Hal ini dialami pula oleh Niantic atas Pokemon Go.


Itu sebabnya Hanke mengumumkan penundaan perilisan game tersebut untuk pasar internasional seperti Inggris dan Belanda lantaran server yang penuh. Informasi ini disampaikan pula oleh akun Twitter resmi Pokemon Go.


Meskipun belum menjelajah secara luas, namun para penggemar yang ingin memainkan game ini dapat memanfaatkan file mentahan aplikasi (APK) untuk Android atau menggunakan akun regional negara yang sudah resmi dirilis seperti Amerika Serikat bagi iOS.


Jadi tidak mengherankan bila server Pokemon Go mengalami kendala karena sesak oleh para pemain baik dari negara yang resmi didatangi maupun belum.


https://twitter.com/PokemonGoApp/status/751514304365473792?ref_src=twsrc%5Etfw


 




Pengguna Windows Phone cemburu tak kebagian Pokemon Go

0 comments:

Post a Comment