Sunday, April 10, 2016

Indonesia belajar dari Korea Selatan majukan UKM

Iboqqnews.com – Staf Khusus Menteri Koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) Hermawan Kartajaya menyebut, Indonesia perlu belajar dengan Korea Selatan dalam hal pengembangan UKM (Usaha Kecil Menengah). Sebab, negeri ginseng tersebut mampu mengoptimalkan teknologi dan kreativitas untuk mengembangkan UKM-nya.


“Saya kira kita bisa banyak belajar dari Korea yang masih dalam situasi darurat perang dengan Korea Utara, tapi UKM-nya bisa berkembang pesat dengan teknologi dan kreativitas,” ujar Hermawan dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (10/4).


Keinginan belajar dari Korea Selatan ini mendorong penandatangan nota kesepahaman (MoU) kerja sama UKM dan Pendidikan antara ICSB Indonesia dengan ICSB Korea. Dengan kerja sama ini diharapkan Indonesia bisa mengambil banyak manfaat dalam mengembangkan UKM melalui teknologi.


“Satu lagi yang bisa dipelajari dari Korea adalah semangat yang segalanya dilakukan dengan cepat,” kata dia.


President of ICSB Korea, Kim Ki-chan mengungkapkan, seorang pengusaha harus berani bermimpi dan mengungkapkan ide-ide terbaiknya. Sebab, tanpa itu tidak akan memacu semangat kreativitas dan berinovasi.


“Tanpa mimpi gak akan ada inovasi, karena inovasi menjadi sebuah keharusan yang tak bisa dihindarkan jika entrepreneur mau sukses.” ucapnya.


Kim berharap, kerja sama yang dilakukan pihaknya dengan Indonesia dapat memberi kontribusi positif dalam membantu pemerintah Indonesia untuk memajukan pengusaha UKM-nya. “Dengan kerja sama saling menguntungkan ini diharapkan dapat menumbuhkan UKM Indonesia menjadi lebih produktif, kreatif dan entrepreneurial,” pungkasnya.


Untuk diketahui, Jakarta akan menjadi tuan rumah The Fourth Asian SME Conference yang akan dihelat di Host ICSB Indonesia, 13-17 September 2016. Dalam kesempatan itu Prof Kim berjanji akan memboyong juara dunia koki roti ke Indonesia untuk berbagi ilmu tentang cara membuat roti kelas dunia ke pelaku UKM Indonesia




Indonesia belajar dari Korea Selatan majukan UKM

0 comments:

Post a Comment