Wednesday, April 6, 2016

4 Cara Menghilangkan Stres Dengan Hewan Peliharaan

Iboqqnews.com – Bukan hanya sebagai teman di rumah, hewan peliharaan efektif sekali membuat mood-mu kembali tinggi. Entah itu kucing, ular, iguana, anjing, apa pun hewan peliharaan favoritmu, mereka bisa jadi teman terbaik penghilang stres. Ini empat cara yang bisa mereka lakukan untukmu.




  • Turunkan hormon stres


    Ketika kamu mengelus bulu kucing atau anjingmu, bukan hanya mereka yang jadi tenang, tapi kamu pun juga jadi lebih santai. Tanpa kamu sadari kamu sudah menurunkan kadar stres berupa hormon kortisol dalam tubuh. Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan bahwa menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan tingkatkan hormon anti-stress, oksitosin.







  • Turunkan tekanan darah


    Bercanda dengan hewan peliharaan juga efektif menurunkan tekanan darah karena membuatmu merasa rileks, tenang dan bernafas lebih teratur sehingga detak jantung juga lebih teratur dan santai. Apalagi dibantu dengan pelepasan hormon bahagia dari otak.







  • Membuatmu melupakan masalah


    Ketika kamu sedang bingung atau susah karena masalah, hewan peliharaan bisa membuatmu merasa lebih positif. Bukan hanya melepas stres, hewan peliharaan membantu membuatmu lebih termotivasi karena mereka biasanya setia menemani.







  • Terapi untuk hatimu


    Sakit hati, kecewa atau sedih pasti membuatmu memiliki perasaan negatif. Ajaibnya, hewan peliharaanmu bisa menyembuhkan penyakit hati yang ada di dalam pikiranmu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah melepaskan beban itu. Hewan peliharaan yang setia bisa membantu melepas perasaan negatif dan membantu masa penyembuhan.





Kamu mungkin tak menyadarinya, namun hewan peliharaan ternyata punya peran penting dalam menjagamu tetap waras dan bahagia.




4 Cara Menghilangkan Stres Dengan Hewan Peliharaan

0 comments:

Post a Comment