Sunday, March 20, 2016

Kafe ini buat pelanggan yang kasar membayar mahal perbuatannya

Iboqqnews – Pada saat ini semakin banyak orang yang sudah melupakan perilaku yang sopan dan cara berbicara yang santun. Hal itu terutama sering dialami oleh beberapa orang tertentu seperti pada penjual atau pegawai yang memberikan jasa. Semakin banyaknya orang yang tergesa-gesa juga menjadi salah satu penyebab banyak orang berbicara tanpa memperhatikan kesopanan. Jengah dengan kondisi tersebut, dua kafe di Prancis membuat peraturan yang memaksa pelanggan dengan kata dan perilaku tidak sopan untuk membayar lebih banyak.


Dilansir dari Grubstreet, peraturan seperti itu telah diterapkan oleh dua kafe yaitu L’Hamburge di Grenoble dan La Petite Syrah di Nice. Harga normal secangkir kopi di L’Hamburge adalah 1 Euro, namun bagi pelanggan dengan perilaku yang kasar, harga yang harus mereka bayar adalah 1,5 Euro.


Serupa namun berbeda, aturan yang diterapkan oleh La Petite Syrah lebih unik lagi. Terdapat tiga tingkatan kesopanan yang dapat membedakan harga kopi secara drastis. Jika seseorang memesan dengan mengatakan “kopi” maka dia harus membayar 7 Euro, sedangkan jika dia lebih sopan dan mengatakan “tolong kopinya” maka dia hanya membayar 4,25 Euro. Jika ingin lebih murah lagi, seseorang dapat berkata “halo, tolong kopinya secangkir” dan dia cukup membayar 1,4 Euro saja.


Selisih harga yang cukup besar ini dapat membuat pelanggan untuk berpikir-pikir dulu sebelum memesan kopi. Walaupun cukup aneh tetapi cara ini mungkin dapat membuat pelanggan berbuat lebih manusiawi dalam memperlakukan pelayan di kafe tersebut.




Kafe ini buat pelanggan yang kasar membayar mahal perbuatannya

0 comments:

Post a Comment