Monday, March 21, 2016

5 Hal Ini Buat Bandara Changi Pantas Jadi Terbaik Dunia

Iboqqnews – Bandara Changi di Singapura baru saja dinotbatkan sebagai bandar udara terbaik dunia tahun 2016 oleh Skytrax. Mengalahkan ratusan bandara lainnya, bahkan bandara-bandara super modern di daratan Eropa dan Amerika.


Tak heran memang karena Changi memiliki fasilitas dan layanan lengkap berkelas dunia. Tak cuma tampilannya yang megah memukau, Bandara Singapura ini menawarkan sederet fasilitas modern nan canggih yang bisa memanjakan wisatawan.


Tengok saja, mulai dari music bar lounge, bioskop, music deck, kolam renang, area istirahat, hingga hotel untuk transit, semua tersedia di Bandara Changi. Para pelancong hanya tinggal duduk manis menikmati dan memilih fasilitas yang ada.


Di balik kesuksesannya menyabet predikat bandara terbaik dunia, ada beberapa fakta tersembunyi mengenai Bandara Changi yang perlu Anda ketahui.


Dikutip dari keterangan pers tertulis yang diterima Dream.co.id, inilah 5 hal tentang Bandara Changi yang tak banyak diketahui:


1. Tanaman di Bandara Changi semua asli


Jika memperhatikan sekeliling Bandara Changi, Anda akan menyadari ada sesuatu yang berbeda di dalam terminal, yaitu keberadaan tanaman dan bunga-bunga yang mekar sepanjang tahun.


Sekilas bunga-bunga ini terlihat seperti barang tiruan karena tampak memukau sebagai hiasan di bandara. Banyak pengunjung yang tak yakin dengan keaslian bunga ini sampai-sampai menyentuh daun bunga untuk memeriksa keasliannya. Namun bunga-bunga di Bandara Changi benar-benar bunga asli.


Untuk memberikan pengunjung pengalaman terbaik dalam hal visual dan aroma, Bandara Changi memiliki tempat bibit tanaman khusus untuk menanam dan menumbuhkan tanaman. Agar display bunga selalu terlihat segar, bandara ini memiliki 10 hortikulturis profesional yang didukung oleh sekitar 150 tukang taman untuk memastikan semua taman berada dalam kondisi prima sepanjang tahun.


2. Kamar mandi yang tidak biasa


Kamar mandi di Bandara Changi bukan hanya berfungsi sebagai tempat buang air. Beberapa dari kamar mandi tersebut menawarkan pemandangan luar biasa untuk melihat pesawat yang akan terbang. Sementara satu kamar mandi di Terminal 3 merupakan tempat yang cocok bagi para wanita untuk berdandan.


Kamar mandi di Terminal 1 (T1) Transit berada tepat di atas area landasan dengan pemandangan yang indah dari kiri sampai kanan. Bersiaplah untuk terngaga melihat pesawat terbang seolah mendarat di dekat Anda.


Jika Anda ingin merasa seperti selebriti di Bandara Changi, kunjungi satu-satunya Powder Room di Terminal 1 dan Terminal 3 Transit yang dikhususkan untuk perempuan. Desain Powder Room terinspirasi dari ruang tata rias belakang panggung di mana meja rias dipisah ke meja-meja kecil, dan setiap cermin dihias dengan lampu. Menjadikan tempat ini terkesan mewah dan eksklusif untuk para pengunjung.


3. Desain karpet khusus


Di sepanjang Bandara Changi, di area check-in atau di tengah kesibukan area transit, Anda akan menemukan suasana tenang dan santai. Sebab, bandara ini ternyata dilengkapi dengan penggunaan karpet yang dirancang khusus untuk mengurangi tingkat kebisingan.


4. Penerangan cerdas


Pernahkah Anda memperhatikan Terminal 3 Bandara Changi yang selalu terang saat siang dan juga sangat nyaman? Ini karena kuantitas pencahayaan yang masuk ke dalam terminal telah diatur oleh sistem komputer yang ada di kisi-kisi jendela atap terminal.


Kisi-kisi jendela telah diprogram sedemikian rupa untuk merespon pada tingkat kecerahan di luar terminal. Pada siang hari, kisi-kisi jendela terbuka sedikit untuk mengurangi sinar matahari yang masuk ke terminal. Saat cuaca mendung, kisi-kisi jendela akan terbuka lebar untuk memungkinkan lebih banyak cahaya untuk masuk. Dengan melakukan ini, kondisi pencahayaan di terminal akan tetap konsisten, sekaligus mengurangi pemakaian energi listrik dari lampu neon.


5. Kolam renang rooftop bandara


Mungkin merupakan satu-satunya kolam renang di rooftop di bandara di dunia, kolam renang Bandara Changi terletak di sebelah Aerotel Transit Hotel di Terminal 1 dan sangat populer bagi penumpang pesawat dari negara lain.


Dengan fasilitas kamar mandi yang lengkap dan pemandangan indah ke area landasan di ujung kolam renang, membuatnya menjadi salah satu tempat yang dapat dikunjungi untuk mengisi waktu luang di Bandara Changi.




5 Hal Ini Buat Bandara Changi Pantas Jadi Terbaik Dunia

0 comments:

Post a Comment