Wednesday, May 25, 2016

Lembaga Pemeringkat Dunia Ini Sebut Iklim Investasi RI Membaik

Lembaga Pemeringkat Dunia Ini Sebut Iklim Investasi RI Membaik


IBOQQNEWS.com – Lembaga pemeringkat dunia telah menyampaikan hasil penilaiannya kepada Indonesia, seperti Moody’s, Japan Rating Agency hingga Standard & Poor’s.


Terbaru, Fitch Ratings yang merupakan lembaga pemeringkat kredit internasional credit rating agency, memberikan afirmasi Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB-/stable outlook.


Beberapa faktor kunci yang mendukung keputusan tersebut adalah beban utang pemerintah yang rendah, prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik, dan risiko sektor perbankan yang rendah. Fitch juga mencatat masih besarnya pengaruh sentimen pasar terhadap faktor eksternal dan masih perlunya perbaikan iklim investasi.


Fitch juga menyatakan bahwa reformasi struktural yang telah ditempuh Indonesia sejak September 2015 diyakini akan meningkatkan iklim investasi secara signifikan.


Beberapa kebijakan, seperti perampingan jumlah dan percepatan proses perizinan untuk melakukan kegiatan usaha, serta penetapan formula upah minimum dipandang mampu memperbaiki iklim investasi.


“Ini tentu salah satu feedback positif dari lembaga pemeringkat tersebut. Sebelumnya S&P juga mengapresiasi berbagai penyederhanaan yang dilakukan,” ujar Kepala BKPM, Franky Sibarani dalam keterangan resminya kepada media, Rabu (25/5/2016).


Menurut Franky, peringkat yang disampaikan oleh lembaga pemeringkat tersebut penting untuk melihat progres perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah.


“Ada saran dari mereka yang menekankan perlunya upaya lanjutan untuk perbaikan iklim investasi. Ini akan menjadi masukan yang konstruktif bagi kami,” lanjut Franky.


Pemerintah Indonesia saat ini terus menunjukkan komitmennya untuk melakukan reformasi struktural melalui penerbitan Paket Kebijakan Ekonomi I-XII, antara lain guna memperbaiki iklim investasi, seperti izin investasi 3 jam yang merupakan bagian dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).




Lembaga Pemeringkat Dunia Ini Sebut Iklim Investasi RI Membaik

0 comments:

Post a Comment