Wednesday, June 1, 2016

Badan Nuklir Militer AS Masih Pakai Floppy Disk

Badan Nuklir Militer AS Masih Pakai Floppy Disk


IBOQQNEWS.com – Meski Amerika Serikat (AS) menyandang status super power, masih ada lembaga pemerintah yang menggunakan teknologi kuno. Badan nuklir militer AS di Pentagon masih dikendalikan komputer IBM Series-1 edisi 1970-an dan masih menggunakan media penyimpanan disket (floppy disk) 8 inci.


INC, Jumat (27/5/2016), mengungkap laporan dari Government Accountability Office (GAO) bahwa AS menghabiskan sekitar USD60 miliar per tahun untuk menjaga dan merawat komputer tua tersebut. Pengeluaran itu kontrak dengan angka USD20 miliar per tahun untuk keperluan tekonologi baru.


Komputer lawas di badan nuklir militer Pentagon cukup mengejutkan lantaran tak banyak orang yang bisa mengoperasikannya. Tapi Pentagon bersiap mengakhiri riwayat sistem komputer kuno itu pada akhir 2020.


“Sistem tersebut masih digunakan karena masih berfungsi. Namun karena sistemnya sudah usang, drive floppy dijadwalkan akan diganti dengan perangkat digital yang aman pada akhir 2017,” ujar juru bicara Pentagon Letkol Valerie Henderson kepada kantor berita AFP.


Disket 8 inci adalah edisi tertua. Disket ini digunakan secara komersial mulai 1971 sebelum digantikan disket 5 1/4 pada 1976 dan kemudian disket 3,5 inci muncul pada 1982.


Laporan GAO turut menguak fakta bahwa Departemen Keuangan AS masih menggunakan bahasa pemrograman zaman 1950-an.


Pentagon memang bukan lembaga yang senang menggunakan teknologi terbaru. Pada 2012, bagian penerimaan tamu lembaga ini masih menggunakan komputer bersistem operasi Windows XP yang sudah berumur sekitar 11 tahun dan pengembangannya telah dihentikan Microsoft.


Namun sebenarnya teknologi kuno yang digunakan masih memiliki keunggulan dibanding teknologi masa kini. Komputer IBM Series-1 tergolong aman dan sulit untuk diakses serta diduplikasi. Adapun media penyimpanan masa kini seperti flash disk, yang menggunakan antarmuka USB, sangat mudah dimasuki program malware dan mudah pula penyebarannya.


Kantor Manajemen dan Anggaran AS telah memulai inisiatif untuk menggantikan sistem IT kuno ini. Tapi hingga kebijakan ini diselesaikan dan sepenuhnya dilaksanakan, pemerintah tetap menggunakan seluruh sistem kuno yang ada kendati masa efektivitas telah lewat.


Komputer IBM Series 1 http://iboqq.com

Komputer IBM Series 1
© Wikimedia Commons


Badan Nuklir Militer AS Masih Pakai Floppy Disk

0 comments:

Post a Comment