Wednesday, July 27, 2016

BlackBerry DTEK50 diharapkan tebus kegagalan Priv

IBOQQNEWS.com – Awal Juli 2016, BlackBerry digosipkan segera menghadirkan tiga gawai terbaru dengan sistem operasi Android. Dan Senin (26/7/2016), perusahaan teknologi yang terkenal dengan fitur pesan singkat BBM-nya ini meluncurkan generasi terbaru DTEK50.


Blackberry mengklaim perangkat bersistem Android terbaru ini adalah gawai Android teraman di dunia. Jika benar begitu, berarti BlackBerry adalah ponsel kedua yang mengklaim keamanan (data) gawainya setelah BlackPhone 2.


DTEK50 sengaja diluncurkan lebih cepat untuk mendongkrak penjualan BlackBerry setelah BlackBerry Priv yang diluncurkan tahun lalu gagal di pasaran. Menurut Ubergizmo, sejak Januari hingga Maret 2016, Priv hanya terjual 600.000 unit di seluruh dunia –jauh di bawah prediksi 850.000 unit dari para analis.


Salah satu penyebab kegagalan Priv adalah harga jual yang mencapai USD700 atau sekitar Rp9 juta ketika diluncurkan. Itu sebabnya DTEK50 yang masih mengusung Android 6.0 Marshmallow dijual dengan harga lebih murah, USD299 (Rp3,9 juta).


DTEK50, beserta dua gawai terbaru Blackberry lain nanti, adalah produksi Alcatel –perusahaan teknologi komunikasi yang baru saja diakuisisi TCL. Seperti diwartakan BBC (26/7), BlackBerry telah memotong anggaran produksi dengan menggandeng TCL dan me-rebranding Alcatel Idol 4 dengan menyematkan tekstur berbeda untuk sampul (cover) belakang.


Sekilas; model, desain, dan spesifikasi DTEK50 mirip Idol 4. Tapi DTEK50 punya beberapa fitur yang tidak ada di Idol 4.


Arstechnica mengungkapkan (26/7), DTEK50 memiliki layar 5,2 inci dengan resolusi 1080p dan kerapatan layar mencapai 424 piksel per inci. Perangkat tersebut ditenagai cip Snapdragon 617 berkecepatan 1,5GHz dan bermodalkan RAM 3GB.


Memorinya sebesar 16GB, tapi bisa ditingkatkan lewat microSD. Adapun baterai berkapasitas 2.610 mAh dengan dukungan pengisi daya cepat Quick Charge 2.0.


Sementara di bagian kamera, DTEK50 menggunakan kamera utama bersensor 13MP dengan dual LED flash. Sedangkan kamera depannya mampu menghasilkan foto bekerkuatan 8MP dengan tambahan LED flash untuk kebutuhan swafoto.


Fitur keamanan BlackBerry http://iboqq.com


Berikut adalah enam fitur terbaru yang membuat Blackberry yakin DTEK50 adalah gawai teraman di dunia:


  • Rapid Security Patching

  • DTEK

  • Hardware Root of Trust

  • Proses booting yang aman

  • Android OS hardening

  • FIPS 140-2 Compliant Full Disk Encryption

Sementara ini DTEK50 mulai dijual melalui sistem prapemesanan di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, dan Belanda. Pengiriman akan dimulai pada 8 Agustus mendatang dan belum diketahui kapan negara lain bakal kebagian.





BlackBerry DTEK50 diharapkan tebus kegagalan Priv

0 comments:

Post a Comment