Wednesday, April 20, 2016

Wah, ternyata tattoo punya manfaat baik bagi tubuh!

Iboqqnews.com – Banyak orang yang menghindari tattoo karena selain masyarakat masih tabu, tattoo banyak terbukti membawa penyakit.


Memang dalam asumsi masyarakat, orang memiliki tattoo terlihat ‘kuat’ dari luar. Namun bertentangan dengan berbagai penemuan yang sudah ada, ternyata tattoo juga membuat seseorang lebih kuat dari dalam juga.


Dilansir dari Marie Claire, sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Human Biology, menemukan bahwa punya banyak tattoo membuat sistem imun tubuh bertambah kuat.


Studi kecil ini melibatkan 24 orang wanita dan 5 orang pria dari umur 18 hingga 47 tahun, yang ingin menattoo tubuhnya. Para peneliti dari University of Alabama, mengambil sampel air liur mereka sebelum dan sesudah ditattoo. Dari sana, dilihat level immunoglobulin, sebuah antibodi yang muncul ketika tubuh terkena infeksi, serta level kortisol, sebuah hormon stress yang dapat meningkatkan data tahan tubuh.


Dari penelitian sederhana tersebut, respon tubuh ketika ditattoo justru kuat. Sistem imun tubuh seketika naik karena tubuh kita merasa ‘stress’ ketika ditattoo. Hal ini memang membuat tubuh infeksi dan demam dalam jangka pendek. Namun jika seseorang sudah pernah ditattoo beberapa kali, imun sistem akan makin kuat dan tak akan menemui masalah ketika tubuh akan kembali dihiasi tattoo.


Para peneliti melihat ada dua penyebab dibalik fenomena ini. Pertama, para penggila tattoo sama sekali tak cemas ketika dia akan ditattoo, sehingga tubuhnya tidak mengalami stress meskipun akan ‘dilukai.’ Hal ini justru membuat sistem imun mengingat.


Penyebab lain, menurut para peneliti, adalah mereka memang jadi lebih kuat dari sebelumnya. Dalam jangka panjang, tubuh yang terbiasa dengan ‘luka’ yang banyak, akan makin kebal dengan gangguan-gangguan kecil.




Wah, ternyata tattoo punya manfaat baik bagi tubuh!

0 comments:

Post a Comment