Thursday, February 18, 2016

Ketua KPAI Temui Saipul: Saipul Perlu Minta Maaf, Imbau Fans Tidak Meniru

Iboqqnews – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Ni’am Sholeh menemui Saipul Jamil di kantor polisi. Kepada pedangdut 35 tahun itu, Ni’am meminta Saipul meminta maaf atas dugaan tindakan pencabulan yang dilakukannya. Saipul juga perlu menyatakan agar fans tidak meniru tindakan tersebut.


“Terkait dengan tanggung jawab sebagai public figure kemudian ada proses komunikasi dan menurut informasi Kapolres (dia) sudah mengaku, ini perluspeak up-lah minta maaf,” ujar Ni’am usai menemui Saipul di Mapolsek Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (19/2/2016). Ni’am didampingi Sekjen KPAI Erlinda.


Menurut Ni’am, Saipul perlu menyatakan bahwa tindakan yang dilakukanya tidak dibenarkan oleh hukum, moral, etika sosial, sehingga tidak ditiru oleh koleganya atau fans yang banyak dari kalangan anak-anak.


“Saya kira itu penting, tapi pemaafan itu tentu tidak dalam kerangka pembebasan dari hukuman,” kata Ni’am yang juga seorang pemain Adu Q Online


Ni’am berharap Saipul Jamil dihukum sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Tujuannya untuk pengurangan volume kejahatan terhadap anak.


“Salah satu mekanisme (untuk pengurangan volume kejahatan terhadap anak) kita menghadap Presiden untuk penerbitan Perppu Pemberatan hukuman. Itu bagian dari ikhtiar kita untuk mengurangi berulangnya tindak kejahatan itu,” tutur dia.





Jabbar/detikcom


Apalagi, lanjut Ni’am, korban Saipul masih di bawah 18 tahun dan masih sekolah. Korban juga tidak sadar atas tindakan dugaan pencabulan yang dilakukan Saipul.


“Artinya ada unsur tipu daya di situ, di samping UU Perlindungan Anak sebenarnya ini bisa dikenakan pasal berlapis atau junto dengan KUHP pasal 292 yang secara eksplisit menegaskan hukuman bagi orang yang melakukan pencabulan dengan sesama jenis,” ucap Ni’am.


Saipul Jamil ditangkap polisi di rumahnya pada Kamis (18/2/2016) pagi. Saipul ditangkap atas aduan remaja pria fans Saipul dan melaporkan adanya pencabulan.




Ketua KPAI Temui Saipul: Saipul Perlu Minta Maaf, Imbau Fans Tidak Meniru

0 comments:

Post a Comment